26 Desember 2012

Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya

Bahan ini disusun sebagai dasar bahan ajar agar secara umum guru dapat melaksanakan diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan menyusun program tindak lanjutnya. Secara khusus bahan ajar ini disusun agar guru memiliki kompetensi dalam :

  1. Mengungkapkan sebab-sebab yang mungkin atas kesulitan-kesulitan belajar siswa.
  2. Menyusun model atau alat untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika.
  3. Mengidentifikasi jenis kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika.
  4. Menyusun dan melaksanakan kegiatan remidi sebagai tindak lanjut.

Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa sangat beragam. Tidak semua faktor itu dibahas lengkap dalam bahan ajar ini. Yang dibahas terutama adalah yang menyangkut faktor intelektual dan yang terkait dengan kompetensi siswa dalam segi materi matematika. Hal-hal yang menyangkut faktor lainnya, misalnya faktor fisiologis, sosial, emosional, hanya disajikan secara sangat global. 

Ruang lingkup bahan yang tercakup dalam bahan ajar ini adalah:
  1. Berbagai penyebab utama kesulitan belajar siswa.
  2. Identifikasi kesulitan belajar siswa dalam matematika.
  3. Penyusunan dan pengembangan tes diagnostik.
  4. Tinjauan beberapa kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika.
Selengkapnya, materi dapat di atas dapat di [ Lihat di sini ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar